Hubungan Keterbukaan Diri dengan Perubahan Harga Diri Rendah Situasional pada Remaja Korban Cyberbulliying di SMK YBPK Pare Kabupaten Kediri

Authors

  • Junianto Fitriyadi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas dr Soebandi Jember, Indonesia
  • Arif Setyawan Keperawatan, STIKes Bhakti Mulia Kediri, Indonesia
  • Sopi Andrian Keperawatan, STIKes Bhakti Mulia Kediri, Indonesia

Keywords:

Keterbukaan Diri, Harga Diri Rendah Situasional, Cyberbulliying, Remaja

Abstract

Penanganan ISPA untuk mengurangi kejadian yang dapat meningkatkan potensi anak Kasus cyberbullying yang berdampak buruk bagi pengguna internet, bahkan tidak sedikit dari mereka yang nekad mengakhiri hidupnya karena tidak tahan menerima perlakuan pelecehan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan keterbukaan diri dengan perubahan harga diri rendah situasional pada remaja korban cyberbulliying. Penelitian ini menggunakan analitik korelasional. Populasi penelitian ini adalah remaja korban cyberbulliying di SMK YPBK Pare Kediri dengan sampel sebanyak 32 responden menggunakan teknik total sampling. Instrumen menggunakan Self Disclosure Scale pada variabel keterbukaan diri, sedangkan tanda dan gejala HDR merujuk pada ketetapan standar diagnosa keperawatan indonesia (SDKI).Uji analisis menggunakan uji statistik Spearman Rho dengan tingkat signifikan 0,05.Analisis penelitian ini memiliki nilai sig (2-tailed) = 0,000 < a = 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada hubungan keterbukaan diri dengan harga diri rendah situasional pada remaja korban cyberbulliying di SMK YPBK Pare. Remaja sebagai korban perilaku cyberbulliying yang dilakukan temannya maupun orang lain disekitarnya dapat meningkatkan harga dirinya dengan melatih diri untuk tetap menunjukkan sikap nyang positif dengan adanya peningkatan harga diri untuk menjadi lebih baik menggunakan inttervensi promosi harga diri.

References

A’ini, A. D. N., & Reny H, A. (2020). Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, 3(2), 28–37. https://doi.org/10.48079/vol3.iss2.57,

Androni Susanto, et.al. (2022). Keterbukaan Dan Kebersamaan Dalam Menindaki Bullying dan Hate Speech Di Kalangan Remaja”. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), Vol.4 (1), Hal.448-456, E-ISSN: 2714-8599.

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. In I. Ahmaddien (Ed.), Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif (1st ed., Vol. 1). Widina Bhakti Persada Bandung.

Bayu S.R.A Mustika A.P. (2021). Literature Review : Penerapan Latihan Kemampuan Positif Terhadap Peningkatan Harga Diri Rendah Pada Klien Yang Mengalami Skizofrenia. Nursing Science Journal (NSJ), Vol.2 (1), Hal.55-62, p-ISSN: 2722-4988.

Efri W. Dkk. (2021). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Harga Diri Rendah Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Komprehensif, Vol.7 (1), Hal.31-47.ISSN; 2354-8428.

Fany Fajriani, Abdullah Sinring, dan Suciani Latif. (2021). Self Disclosure of Student of Victims Bullying and Handling (Case Study at SMAN 8 Gowa).PINISI JOURNAL OF EDUCATION, Vol. 2 (1), Hal.1-8, e-ISSN: 2829-4823

Fasya S.M. (2020). Deskripsi Pemahaman Cyberbullying Di Media Sosial Pada Mahasiswa. Jurnal Common Vol.4 (1), Hal.32-55.

Gracia, F., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Harga Diri Terhadap Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Remaja. JPPP-Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 8(1), 32-38. https://doi.org/10.21009/JPPP.081.05.

Hana, D. R., & Suwarti, S. (2020). Dampak psikologis peserta didik yang menjadi korban cyber bullying. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1(11), 20–28. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7685

Haryani, W., & Setyobroto, I. (2022). Modul Etika Penelitian (T. Purnama (ed.); 1st ed.). Jurusan Kesehatan Gigi Poltekes Jakarta I.

Herdyanti, F., & Margaretha, M. (2017). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecenderungan menjadi Korban Bullying pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 92. https://doi.org/10.14710/jpu.15.2.92-98

Jenita. (2022). Metodologi Penelitian Keperawatan (1st ed.). Pustaka baru Pres.

Jessica Riantifanny (2022). Proses Komunikasi Keterbukaan Diri Korban Bulliying. Jurnal Bandung Conference Series: Public Relations, Vol. 2 (1), Hal.21-25, DOI: 10.29313.bcspr.v2i1.235

Kemenkes RI.(2019). Riset Kesehatan Dasar, Riskesdas. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). INFODATIN Kekerasan terhadap Anak dan Remaja. Jakarta : Kemenkes

Khasanah, A. N., Damayanti, T., & Sirodj, D. A. N. (2017). Gambaran Negative Automatic Thoughts pada Remaja Korban Bullying di Sekolah Menengah Pertama Kota Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 239–250. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1698

Kurnia, I. (2016). Bullying. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Kusumadya R. Paramita dan Mira A. Rachmawati. (2022). Cyberbullying dan konsep diri pada korban remaja pengguna jejaring sosial usia 14-19 tahun. Jurnal Psikologi, Vol.15(1), Hal.110-121, DOI: 10.35760/psi.2022. v15i1.4242.

Lailatun Nimah dan Adelia Dwi Lailyvira Ramadhania. (2022). Efek Perundungan Maya Terhadap Harga Diri dan Kecemasan Remaja. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, Vol. 13 (2), Hal.192-196, e-ISSN : 2622-0148, p-ISSN : 2087-0035.

Laili N.H, Rizky S. (2021). Psychological Impacts On Adolescent Victims Of Bullying: Phenomenology Study. Jurnal Media Keperawatan Indonesia, Vol 4, No 3, e-ISSN: 2615-1669, ISSN: 2722-2802.

Lestari, P., & Liyanovitasari, L. (2020). Konsep Diri Remaja yang Mengalami Bullying. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 2(1), 40. https://doi.org/10.32807/jkt.v2i1.45

Linda M.L , Yusuf H.B , Aris N.D. (2021). Efektivitas Konseling Gestalt Menggunakan Teknik Empty Chair Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Peserta Didik Korban Bullying. Nursing Science Journal (NSJ), Vol.2 (1), Hal.55-62. p.issn, 2723-0082.

Marela, G., Wahab, A., Raymondalexas, C., & Marchira, . (2017). Bullying verbal menyebabkan depresi pada remaja SMA di kota Yogyakarta. Bkm Journal of Community Medicine and Public Health, 33(1), 43–48.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Alih Bahasa: Semiawan, Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasiruddin, N. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua. Jurnal Kependidikan, 6(2), 232–333. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1933.

Niken Y.S, Sri Maryuni. (2019). Peningkatan harga diri melalui intervensi cognitive behavioral therapy pada remaja korban bullying. Vol.13 (4), Hal.270-277.

Ningrum, R. E. C., Matulessy, A., & Rini, R. A. P. (2019). Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dan Regulasi Emosi dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja. Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 15(1), 124

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Pardede, J. A., Huda, A., Saragih, M., & Simamora, M. (2021). Verbals Bullying Related To Self-Esteem on Adolescents. Jendela Nursing Journal, 5(1), 16–22. https://doi.org/10.31983/jnj.v5i1.6903

Rahma S dan Hilma F. (2020). Pengaruh Teknik Self-Instruction Dalam Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Harga Diri Korban Perundungan. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.9(1), Hal.56-69.

Rahmaniyah, K. R., Suhadianto, S., & Pratikto, H. (2020). Perilaku Bullying pada Mahasiswa: Menelisik Pengaruh Harga Diri dan Konformitas. 1(01), 1–9.

Rizqi, H. (2019). Dampak Psikologis Bulliying Pada Remaja. Wiraraja Medika, 9(1), 31–34. https://doi.org/10.24929/fik.v9i1.694

Saniya. (2019). Dampak Perilaku Bullying Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Remaja Di Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 8–16.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2).

Sufriani, & Sari, E. P. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, Vol.8(3).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Syuhut, Suhadianto, dan Pratikto. (2020). Perilaku bullyinng pada remaja: Bagaimana peranan harga diri dan iklim sekolah. Jurnal Fenomena, Vol. 29 No. 2, Hal. 9-17, DOI: 10.30996/fn.v29i2.4399.

Zakiyah, Humaedi, Santoso. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal penelitian & PPM , 4,2, 324-330.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Fitriyadi, J., Setyawan, A., & Andrian, S. (2025). Hubungan Keterbukaan Diri dengan Perubahan Harga Diri Rendah Situasional pada Remaja Korban Cyberbulliying di SMK YBPK Pare Kabupaten Kediri. Healthy: Journal of Health and Science, 1(1), 7–14. Retrieved from https://healthy.or.id/healthy/article/view/2

Issue

Section

Articles

Citation Check