Pengaruh Peran Manager Pelayanan Pasien terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi
Keywords:
Manager Pelayanan Pasien, Kepuasan Pasien, Rawat InapAbstract
Pengukuran kepuasan pengguna jasa kesehatan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan. Dalam mengoptimalkan terlaksananya pelayanan, Manajer Pelayanan Pasien menjalankan peranya dalam sistem manajemen rumah sakit. Kegiatan Case management adalah suatu system mulai dari proses perencanaan, kordinasi, pengelolaan, dan penelaahan pelayanan asuhan keperawatan pada seorang pasien yang bertujuan sebagai pengembangan cara cara yang efisien serta biaya efektif dengan mengkoordinasikan pelayanan pelayanan yang meningkatkan kualitas hidup. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh peran Manajer pelayanan pada kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit islam Ibnu Sina Bukittinggi. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat inap dengan kasus kriteria Manager Pelayanan Pasien dengan jumlah sampel 15 orang. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis eksperimental, dengan tipe quasy experimental dengan tipe rancangan tampa kelompok control (one group pretest-posttest design. Metode pengambilan sample yang digunakan dengan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling Berdasarkan hasil uji statistic paired sample t test didapat nilai signifikan (p value) adalah 0,000 (p < 0,05). Dari hasil tersebut diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh antara Peran Manager Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSI Ibnu Sina Bukittinggi. terjadi peningkatan kepuasan pasien setelah diberikan peran manajer pelayanan pasien rawat inap RSI Ibnu Sina Bukittinggi dari kelima dimensi kepuasan (realibility,assurance,tangible, empathy, dan responsivess)
References
Andriani, M. ; D. W. (2020). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap interne bedah RSI IBNU SINA Bukittinggi tahun 2021. Jurnal Keperawatan, 4(13–29).
Apriliani, I. M., Purba, N. P., Dewanti, L. P., Herawati, H., & Faizal, I. (2021). Hambatan Dalam Menerapkan Peran Case Manager Di Indonesia: Literature Review. Citizen-Based Marine Debris Collection Training: Study Case in Pangandaran, 2(1), 56–61.
Arikunto, S 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta
Cahyono, H., Rosa, E. M., Arofiati, F., Studi, P., Administrasi, M., Sakit, R., & Pascasarjana, P. (n.d.). uasi eksperimen untreated control group design with pretest and posttest ,.
CMSA. 2010. Case management Society Of America Standards of Practice for Case management.
Hakim, L. (2018). Pengaruh Peran Case Manager Berbasis Spiritual Islami Terhadap Kepuasan Pasien. Tesis. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya., 183.
KARS. 2017. WS Implementasi Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) dan case manager dalam Akreditasi Rumah Sakit versi 2012.
Noviani, R. W. H., Hadi, M., Haryanto, R., & (2021). Efektifitas Peran Dan Fungsi Case Manager Dalam Meningkatkan Mutu Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsu MKHumantech:Jurnal,01(01),81– 88.
Notoatmodjo, Soekidjo 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta
Nursalam, 2017, Metodologi Penelitian ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 4. Salemba Media.
Rahman, A. (2018). Pengembangan Instrumen Fungsi -Tugas Case Manager dalam Metode Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP): Case Management di RSUD dr. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.